Menginap di Chungking Mansion? Kenapa Tidak!

Papan penginapan di Lantai 16 blok D.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri dan Cory, teman terbaik saya menjelajahi Asia belakangan ini. Pengalaman menginap di Chungking Mansion selama kami di Hong Kong setahun yang lalu haruslah saya tuliskan dalam sebuah cerita di Blog saya. Sekedar untuk mengingatkan kami pernah ada di masa-masa tersebut.

_____

Tsim Sha Tsui – Hong Kong, setahun yang lalu.

12 – 16 Agustus 2018.

Pada saat proses deal mencari penginapan untuk kami stay di Hong Kong adalah hal yang benar-benar abu-abu. Tidak ada petunjuk enaknya dimana kami harus menginap. Sampai akhirnya tercetus ide dari temannya Cory dan artikel yang saya baca bahwa salah satu tempat yang masuk untuk dikantong kami adalah di daerah Tsim Sha Tsui.

Pencarian tersebut merucut di daerah Tsim Sha Tsui. Karena memikirkan disana dekat dengan MTR, Stasiun Bus, dan Masjid Kowloon. Dari situ ada dua pilihan lagi antara Mirador Mansion atau Chungking Mansion. Dan akhirnya kami memutuskan menginap di Chungking Mansion.

Jadi di Hong Kong pendingin ruangannya modelnya begini.

Ketika saya mencari artikel di google tentang Chungking Mansion betapa saya terkejutnya. Ternyata banyak foto-foto seram tentang gedungnya atau cerita pengalaman yang kurang menyenangkan. Tetapi mau bagaimana lagi. Karena prinsipnya kami butuh penginapan murah untuk backpakeran selama kami di Hong Kong. Mau tidak mau, kami harus siap menerima segala kekurangan yang ada. Yang penting kami harus mawas diri.

Penginapan yang akhirnya beruntung kami pilih adalah Australian Guest House. Jadi di Chungking Mansion ini sistemnya kayak apartemen gitu. Setiap lantainya ada banyak kamar dari berbagai nama penginapan. Biasanya setiap lantainya itu yang punya sama. Jadi kayak Australian Guest House itu si pemiliknya juga punya dari kamar di Penginapan dengan nama yang lain. Atau contohnya kayak si Dimas, yang sama-sama dengan Kebetulannya bisa sama dengan kami di Blok dan lantai genapnya. Dia bisa berpindah lantai karena memang pemiliknya selain punya di lantai 10 juga ada yang dilantai 6 contohnya.

Antrean lift dan CCTVnya.

Oh ya, perlu diperhatikan kalau di Chungking Mansion itu liftnya beda antara lantai ganjil dan genapnya. Dan juga kalian harus perhatikan Bloknya. Contohnya Australian Guest House itu ada di Blok D lantai 16, yang pertama saya pilih adalah lift untuk di Blok D, dan kemudian saya memilih lift dengan angka genap. Jadi kalian harus ingat alamat bloknya dulu kemudian lantai, kalau nama penginapannya lupa, di lantai dasar di depan liftnya di tuliskan penginapan apa-apa saja yang terdaftar disana.

Papan penginapan yang ada di lantai genap blok D.

Mungkin untuk sebagian orang akan tidak menyenangkan menginap dengan antrean lift yang cukup hanya berlima sekali naik-turun, kemudian aroma di Chungking Mansion itu khas banget, juga semrawutnya orang-orang berlalu-lalang dibawah, dan sempitnya ruangan yang ada. Pertimbangan kami kemarin adalah yang murah, twin share, dan toilet didalam kamar. Dengan harga 850.000,- ribu permalah saya share cost dengan Cory. Kebayang kan, disana mahalnya gimana. Ada siy yang lebih murah, tapi saya merasa harga segitu worth it banget karena walaupun memang sempit ruangannya, tetapi kamarnya setiap hari dibersihkan. Juga adanya free minum dan microwave yang ada di depan kamar kami pas. Sekali minum di Hong Kong itu kisaran 15-17 ribu per botol, sedangkan saya sehari bisa refill 3 botol. Lumayan menghemat uang minum.

Kamarnya sempit, tapi bersih kok.
Dan ada hair dryernya! yippi.

Berikut tips buat kalian kalau ingin menginap di Chungking Mansion.

  1. Aman gak siy Ndue nginep disana?

Aman. Tidak perlu dikhawatirkan copet atau hal-hal yang tidak senonoh untuk perempuan. Jadi tidak perlu khawatir kalau menginap disana. Walaupun terlihat semrawut tetapi mereka-mereka juga tamu dan dibawah itu semacam blok M gitu banyak pedagangnya. Jadi aman.

  1. Booking penginapan sebelumnya.

Jadi pada saat kalian memasuki gedung ini akan banyak orang-orang yang menawarkan jasa penginapan di atas. Kalian lewati saja karena kan sudah punya bookingan penginapan sebelumnya.  Mengenai harga on the spot atau booking online saya kurang tahu. Karena saya tidak bertanya pada saat mereka menawarkan kemarin. Jadi kalian melangkah dengan pasti saja.

  1. Tanya petugas kalau bingung.

Disana ada petugas yang menggunakan seragam kayak security warna hitam gitu. Saya aja bingung dimana letak Blok D kemarin. Jadi dengan berbekal bahasa yang saya kuasai dan mendengar aksen mereka yang cepat sekali akhirnya kami nyasar juga. Tetapi bertemu dengan Bapak-Bapak lagi yang keliling, baru dijelaskan blok D sudah kami lewati. Jadi kami berputar lagi.

  1. Pilih ganjil atau genap?

Menurut saya sama saja. Jadi kalian tinggal pilih berdasarkan kemampuan untuk membayar yang mana. Sepertinya kalau Blok A rada mahal. Karena mereka viewnya ke jalan.

  1. Pilih lantai paling tinggi

Pengalaman kemarin, saya juga gak sadar ketika booking mendapati lantai 16 yang mana itu tertinggi. Ada enaknya juga, setiap turun pasti kondisi liftnya kosong. Bahkan ada beberapa yang rela naik keatas dulu baru ikut kebawah lagi. Sedangkan kalau diatas itu seperti di prioritaskan makanya saya sarankan baiknya membooking lantai teratas.

  1. Minuman gratis dan Microwave

Ini yang terpenting. Karena dengan minuman gratis ini bisa menghemat biaya. Juga kenapa harus ada microwave untuk menghangatkan makanan yang kami beli di Masjid Islamiq Center. Makan siang tersisa yang membutuhkan 1 HKD untuk biaya take away bisa kami makan di hotel untuk menghemat uang makan kami. Tinggal pinjam plate sama petugas hotel untuk menghangatkan di dalam Microwave. Petugasnya dari hotel kami baik sekali. Alhamdulillah.

Kalau dibandingkan dengan penginapan di Indonesia, dengan budget segitu kita bisa dapat hotel paling tidak Ibis atau Mercure, ya? Tetapi yah itu tadi, di Hong Kong memang mahal-mahal dan sampai sekarang saya kepikiran pendapatan perkapita mereka berapa, ya?

Receptionist room.

Oh ya, untuk mencapai ke Chungking Mansion, kalian bisa menuju ke MTR East Tsim Sha Tsui, atau Bus Station East Tsim Sha Tsui. Kalau bingung gedungnya kayak gimana, kalian bisa cari yang gambarnya kayak dibawah ini ya.

Gedung Chungking Mansion.

Jangan takut nginep disana. Semua aman asalkan kita yakin. Pengalaman saya sendiri menyenangkan untuk stay disana. Selain kamarnya bersih, stafnya ramah, juga ada minuman gratis tersebut.

Selamat berlibur!

Ndueisndue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.